Kamis, 07 Juni 2012

LARANGAN PARKIR ON STREET DI SEPANJANG JALUR BUSWAY





Jakarta - Mulai tahun depan, Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan kebijakan penghapusan parkir on street yang terdapat di sepanjang jalur busway. Dengan penghapusan parkir on street dan memindahkannya ke parkir off street, diharapkan akan mengurangi beban jalan di Jakarta serta dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan restrukturisasi bus reguler yang overlap atau tumpang tindih dengan Koridor Busway. Semua angkutan umum non busway akan disinergikan dan diintegrasikan dengan 12 koridor busway. Sejalan dengan rencana itu, Pemprov juga akan melakukan penghapusan parkir on street (parkir di bahu jalan) yang terdapat di sepanjang jalan yang sejajar dengan jalur busway.

“Kita akan lakukan penataan manajemen perparkiran di kota Jakarta dengan mengintegrasikannya pada setiap jalur busway. Sehingga kemacetan akibat parkir on street bisa dikurangi,” ujar Fauzi Bowo di Balaikota, Rabu (24/11), dirilis beritajakarta.com.

Rencana penghapusan itu, dikatakan Fauzi Bowo, akan dilakukan pada tahun 2011 dan sudah dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2011. Selain itu, rencana  kebijakan ini juga sudah dimasukkan sebagai salah satu kegiatan dalam program prioritas pembangunan transportasi yang anggarannya dialokasikan sebesar Rp 2,53 triliun.

Hal senada juga ditegaskan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto. Dirinya menyatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan kajian terkait penataan manajemen perparkiran di DKI Jakarta. Salah satu yang diusulkan yakni, menghapuskan parkir on street dan menggantinya dengan pembangunan parkir off street (parkir di gedung khusus parkir). “Membangun gedung parkir yang berdekatan dengan halte busway merupakan opsi yang paling bagus. Sehingga warga bisa memarkirkan kendaraan pribadinya dengan mudah dan aman. Lalu, melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan busway. Dengan begitu kemacetan bisa berkurang,” kata Prijanto.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, memastikan uji coba penghapusan parkir on street di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pihaknya terus melakukan pematangan konsep penerapan uji coba di dua jalan tersebut agar saat dilakukan tidak merugikan banyak pihak.
(haz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar